Jumat, 11 September 2009

6 Kemiripan Fuhrer Hitler & Emperor Napoleon

Fuhrer Hitler

Emperor Napoleon Bonaparte

Diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Empereur Napoleon lahir dipulau Korsika (daerah jajahan perancis yang mempunyai 2 bahasa : italy dan perancis), sedangkan Heil Hitler d Austria (negara yang dianeksasi jerman).

Peta Pulau Korsika

2. Kedua2 nya sama2 melakukan Kudeta & Revolusi Radikal, Empereur melibas Bourbon Monarki pada Revolusi Perancis dan Sang Fuhrer yang melumat Republik Weimar yang demokratis lalu mendirikan Third Reich-n sendiri.

3. Kedua2 nya, orang yang amat ambisius, coba liat Napoleon dengan La Grande Armee-nya waktu menghajar Tsar Rusia & kita liat Heil Hitler dengan 'Operasi Aufbau Ost' dengan memperioritaskan pembangunan angkatan perang-nya d front timur untuk melumat Rusia, (tp Rusia dengan daerah jelajahnya yang luas (the power of Motherland) dan terpaan musim saljunya yang dahsyat (the power of Snow Disaster) menjadi bumerang buat angkatan bersenjata Napoleon dan Hitler yg pd akhirnya dua2-nya sama2 gagal).

Grand Army-nya Napoleon, road to Russia Motherland

4. Kedua2 nya mempunyai musuh bebuyutan yang sama (Inggris dan Russia), mempunyai front yang sama, seperti kita ambil contoh : the battle of Pyramid kita anggap sebagai front afrika untuk Napoleon (emang kalo buat hitler seh front afrika juga, biarpun pasukan rommel gak pernah sampe nusuk ke Alexandria atu juga Kairo), trus bisa kita samakan antara Battle of Trafalgar (jaman Empereur) dan Battle of Antlantic (jaman PD II) adalah kemiripan perang untuk menyaingi angkatan Laut Kerajaan Inggris dua2 gak pernah berhasil ngedominasi Royal Navy. Dua2 nya juga punya luka yang paling dalam buat angkatan perangnya, yaitu pada waktu kekalahan dalam battle of Leipzig dan Waterloo (buat empereur) dan Stalingrad dan Kursk (heil hitler) menjadi titik balik hancurnya kejayaan mereka berdua, yang pada akhirnya Empereur di buang jauh ke selatan atlantik tepatnya di pulau St. Elena (dan akhirnya koit dsana) krn lari dr pulau Elba dan mengumpulkan pasukan-nya kembali untuk berperang di Waterloo dan Nasib Hitler yang amat tragis dengan menembakkan pistol sendiri kejidatnya pd waktu berada d bungker pada waktu kejatuhan Berlin.

Berburu U-Boat, perang yang panjang & melelah dalam Battle of Atlantic

5. Kedua-nya punya kesamaan dlm strategi perang yang unik, dalam Battle of Austerlitz, tentara Napoleon yang yang berjumlah sedikit mampu memenangkan perang dengan 'menempatkan Field Battery (meriam ringan) berada didepan garis dengan pengawalan yang ketat dan merotasi garis infantri dengan cepat dan secara berkala (karena mereka mempunyai pasukan yang sangat sedikit)' yah agak cukup unik untuk menghajar jumlah pasukan Koalisi pim. Rusia yang berjumlah besar, Blitzkrieg mungkin gak asing buat telinga anda, karena inilah revolusi taktik dan strategi unik yang menjadikan acuan untuk kemenangan cepat dalam peperangan, dan tak juga empereur dan fuhrer hitler sama orang yang tak mengenal lupa.

Diorama di Austerlitz, menggulung Piet Bagration

6. Dan kedua2-nya juga sama2 mempunyai Jenderal2 yang cakap (Michael Ney, Charles Davout & Joachim Murat = Jenderal Napoleon / Heinz Guderian dan Von Manstein dr fuhrer hitler) dan perajurit yang Setia. Kalo Hitler punya pasukan sendiri yg bernama Waffen-SS, lain dengan Napoleon yang Punya Pasukan Sendiri yaitu, VOLTIGER dan kedua2-nya juga mempunyai Organisasi yang rapi dr setiap angkatannya.

Poster Rekrutan untuk calon Tentara SS umur 17 tahun

But, mungkin yang lebih mencolok cuma 1 x ya,....krn Hitler tidak pernah belajar dari apa yang dilakukan oleh Napoleon pada waktu invasi ke Rusia (kata napoleon : "kemustahilan hanya ada dalam kamus orang2 bodoh" tp setelah hampir menjorok masuk jauh kedalam Rusia dan mundur karena cuaca yang dingin dan kekalahan pada Battle of Leipzig di Saxony yang pada akhirnya dikejar2 tentara Koalisi Rusia hingga ke Paris, seluruh imperiumnya hampir saja berantakan, tp balik lagi dan menyusun lagi angkatannya) yang pada akhirnya Front Timur adalah bumerang bagi Rezim Nazi Jerman.

Oleh : Bobby Zuhdy Gunawan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar